Usulan Meningkatkan Efektivitas Pada Mesin FONT Menggunakan Metode Overall Equipment Effectivess | Perpustakaan

Record Detail

No image available for this title

Tugas Akhir Sarjana

Usulan Meningkatkan Efektivitas Pada Mesin FONT Menggunakan Metode Overall Equipment Effectivess



PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dibidang label tidak terlepas dari masalah yang berhubungan dengan efektivitas mesin/peralatan yang diakibatkan oleh six big losses. Hal ini dapat terlihat dengan frekuensi kerusakan yang terjadi pada mesin/ peralatan karena kerusakan tersebut sehingga target pengujian tidak tercapai. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah efektif dan efisien dalam pemeliharaan mesin dan peralatan untuk menanggulangi dan mencegah masalah tersebut.
Overall Equipment Effectiveness (OEE) adalah suatu prinsip manajemen untuk meningkatkan efisiensi produksi perusahaan dengan menggunakan mesin secara efektif. Tidak tepatnya penanganan dan pemeliharaan mesin akan mengakibatkan kerugian-kerugian disebut dengan Six Big Losess yaitu breakdown losses, set-up and adjustment losses, reduced speed losses, idling andminor stoppages, rework losses dan yield scarp losses.
Tahapan pertama dalam usaha peningkatan efisiensi pengujian pada perusahaan ini adalah dengan melakukan pengukuran efektifitas Mesin Font dengan menggunakan metode Overall Equipment Effectifitas (OEE) yang kemudian dilanjutkan dengan pengukuran six big losses untuk mengetahui besarnya efisiensi yang hilang pada keenam faktor six big losses. Dari keenam faktor tersebut selanjutnya dicari faktor apa yang memberikan kontribusi terbesar yang mengakibatkan besarnya efisiensi pada mesin Font.
Dengan diagram sebab akibat dapat dianalisa masalah sebenarnya yang menjadi penyebab utama tingginya kerugian yang mengakibatkan rendahnya efisiensi mesin Font Kesimpulan yang dapat diambil pada Mesin Font bahwa nilai OEE untuk periode Januari sampai Desember 2018 berkisar antara 84,33% sampai 87,47%. Kondisi ini menunjukkan bahwa kemampuan Mesin Font dalam pencapaian efektivitas penggunaan mesin/peralatan masih perlu ditingkatkan. Adapun yang mempengaruhi nilai OEE dan menjadi prioritas utama untuk dieliminasi perusahaan adalah faktor redused speed losses sebesar 40,86%.


Availability
TI2020004TI 2020 4Perpustakaan ITIAvailable
TI2020004-CDTI 2020 4Perpustakaan ITIAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TI 2020 4
Publisher TEKNIK INDUSTRI : Serpong.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment

You must be logged in to access this File Attachment


Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this



Perpustakaan

Institut Teknologi Indonesia

   Jl. Raya Puspiptek Serpong, Kota Tangerang Selatan 15320



V I S I

Menjadi Pusat Informasi Terdepan


M I S I

1.) Menyediakan Layanan Prima Yang Berorientasi Kepada Pemustaka;

2.) Menjadi Pusat Akses Informasi Seluruh Civitas Akademika Institut Teknologi Indonesia;

3.) Menjadi Unit Yang Profesional Dalam Penyedia Informasi Di Lingkungan Akademis.