ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA BAKU DENGAN PENDEKATAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA RAW MATERIAL BIJI PLASTIK ABS (ACRYLONITRILE BUTADIENE STRYREENE) | Perpustakaan

Record Detail

No image available for this title

Printed Book

ANALISIS PERSEDIAAN BAHAN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA BAKU DENGAN PENDEKATAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) PADA RAW MATERIAL BIJI PLASTIK ABS (ACRYLONITRILE BUTADIENE STRYREENE)



Masalah yang sering terjadi pada perusahaan industri adalah masalah produksi. Salah satu cara penekanan biaya produksi adalah dengan menekan persediaan bahan baku seminimal mungkin agar menghasilkan persediaan yang optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara menentukan dan mengendalikan persediaan bahan baku agar mencapai hasil yang optimal yaitu dengan cara menggunakan metode EOQ. Berdasarkan metode pengendalian persediaan bahan baku menurut kebijakan perusahaan adalah jumlah pembelian rata-rata bahan baku sebesar 87.177 kg. Total biaya persediaan (TC) sebesar Rp1.340.488.786. Persediaan penyelamat atau safety stock sebesar 33,750 kg dan dengan menggunakan metode EOQ, untuk kuantitas pembelian yang optimal sebesar 17,005 kg. Total biaya persediaan (TC) sebesar Rp 449.321.942. Persediaan penyelamat atau safety stock sebesar 55,409. Perbandingan antara pengendalian persediaan bahan baku menurut metode kebijakan perusahaan dengan metode EOQ adalah perhitungan dengan menggunakan kebijakan perusahaan diperoleh sebesar Rp 1.340.488.786. Sedangkan dengan menggunakan metode EOQ diperoleh sebesar Rp 449.321.942. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh selisih sebesar Rp 891.166.944. PT. Star Comgistic Indonesia perlu meninjau ulang mengenai kebijakan tentang pembelian bahan baku yang selama ini dilakukan, yang terbukti kurang ekonomis.sehingga dapat diambil kesimpulan dengan menggunakan metode EOQ biaya yang dibutuhkan perusahaan untuk persediaan bahan baku lebih efektif dan efisien.

Kata kunci : Economic Order Quantity (EOQ), Persediaan Bahan Baku, Reorder Point (ROP), Safety Stock (SS), Total Inventory Cost (TIC).


Availability
TI2022028TI 2022 028Perpustakaan ITIAvailable
TI2022028-CDTI 2022 028Perpustakaan ITIAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TI 2022 028
Publisher TEKNIK INDUSTRI : Tangerang Selatan.,
Collation
-
Language
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment

You must be logged in to access this File Attachment


Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this



Perpustakaan

Institut Teknologi Indonesia

   Jl. Raya Puspiptek Serpong, Kota Tangerang Selatan 15320



V I S I

Menjadi Pusat Informasi Terdepan


M I S I

1.) Menyediakan Layanan Prima Yang Berorientasi Kepada Pemustaka;

2.) Menjadi Pusat Akses Informasi Seluruh Civitas Akademika Institut Teknologi Indonesia;

3.) Menjadi Unit Yang Profesional Dalam Penyedia Informasi Di Lingkungan Akademis.