EVALUASI DAN PENGATURAN SIMPANG BERSINYAL TERKOORDINASI DENGAN PROGRAM VISSIM (STUDI KASUS: SIMPANG PADA RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN KOTA TANGERANG) | Perpustakaan

Record Detail

No image available for this title

Tugas Akhir Sarjana

EVALUASI DAN PENGATURAN SIMPANG BERSINYAL TERKOORDINASI DENGAN PROGRAM VISSIM (STUDI KASUS: SIMPANG PADA RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN KOTA TANGERANG)



Kota Tangerang merupakan pusat manufaktur dan industri di pulau jawa dan merupakan salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang pesat, dengan ditandai oleh banyaknya jumlah kawasan industri dan bisnis. Selain berbatasan langsung dengan DKI Jakarta, banyak kota-kota mandiri (kota penyangga) kelas menengah dan kelas atas yang sedang dan telah dikembangkan di Kota Tangerang lengkap dengan kawasan perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah swasta dan mini market, sehingga mengakibatkan tingginya mobilitas masyarakat dari satu tempat ke tempat yang lain. Untuk memenuhi mobilitas masyarakat maka kebutuhan kendaraan selalu mengalami peningkatan baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Namun yang menjadi masalah adalah seringkali peningkatan jumlah kendaraan yang melintas tidak berbanding lurus dengan meningkatnya kapasitas jalan.
Ruas Jalan Jendral Sudirman merupakan salah satu ruas jalan tersibuk di Kota Tangerang. Selain volume kendaraan yang besar, masalah yang kerap terjadi di ruas jalan ini adalah kendaraan terkadang harus selalu berhenti pada tiap simpang yang dilewati karena selalu mendapat sinyal merah. Hal ini bisa terjadi karena jarak antar simpang yang berada di ruas jalan ini berada pada posisi yang berdekatan yaitu ≤ 500 meter. Selain itu koordinasi antar simpang bersinyal yang belum diterapkan atau pengaturan yang masih kurang maksimal menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan juga.
Dalam penelitian ini, mikrosimulasi lalu lintas dengan software VISSIM digunakan untuk melakukan analisis panjang antrian, tundaan dan Level of Service pada kondisi eksisting dan perancangan koordinasi sinyal. Hasil yang diperoleh dari mikrosimulasi VISSIM ini adalah perbaikan pada kinerja Simpang Puspem dan Simpang Tanah Tinggi yang meliputi, 1. Simpang Puspem : LOS E (Vehicle delay 73,12 detik) ke LOS D (Vehicle Delay 43,19 detik), 2. Simpang Tanah Tinggi : LOS F (Vehicle Delay 95,19) ke LOS D (Vehicle Delay 50,8 detik).
Kata Kunci : PTV VISSIM, Koordinasi Sinyal, mikrosimulasi


Availability
SP2023022SP 2023 022Perpustakaan ITIAvailable
SP2023022-CDSP 2023 022Perpustakaan ITIAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
SP 2023 022
Publisher TEKNIK SIPIL : Tangerang Selatan.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this



Perpustakaan

Institut Teknologi Indonesia

   Jl. Raya Puspiptek Serpong, Kota Tangerang Selatan 15320



V I S I

Menjadi Pusat Informasi Terdepan


M I S I

1.) Menyediakan Layanan Prima Yang Berorientasi Kepada Pemustaka;

2.) Menjadi Pusat Akses Informasi Seluruh Civitas Akademika Institut Teknologi Indonesia;

3.) Menjadi Unit Yang Profesional Dalam Penyedia Informasi Di Lingkungan Akademis.