PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM), DAYA TARIK, DAN LOKASI TERHADAP MINAT WISATAWAN UNTUK MELAKUKAN PERJALANAN WISATA (Studi Kasus di Kota Malang) | Perpustakaan

Record Detail

No image available for this title

Tugas Akhir Sarjana

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM), DAYA TARIK, DAN LOKASI TERHADAP MINAT WISATAWAN UNTUK MELAKUKAN PERJALANAN WISATA (Studi Kasus di Kota Malang)



Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh electronic word of mouth (e-WOM), daya tarik, dan lokasi terhadap minat wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Model dan hipotesis diuji menggunakan sampel 75 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah prosedur sampling peluang (probability sampling). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antara variabel e-WOM, daya tarik, dan lokasi dengan minat wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth (e-WOM) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata di Kota Malang, dikarenakan kurangnya sampel populasi yang diuji. Selain itu, daya tarik dan lokasi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat wisatawan. Temuan ini menunjukkan bahwa e-WOM, daya tarik, dan lokasi memainkan peran penting dalam membentuk minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Malang. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya promosi melalui media sosial dan platform online untuk meningkatkan minat wisatawan. Selain itu, pemerintah dan pemangku kepentingan pariwisata di Kota Malang perlu memperhatikan daya tarik dan fasilitas wisata yang ditawarkan, serta memperbaiki aksesibilitas dan infrastruktur untuk meningkatkan daya tarik dan minat wisatawan. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak terkait dalam mengembangkan strategi promosi dan pengelolaan destinasi wisata di Kota Malang.
Kata Kunci: Daya Tarik, Electronic Word of Mouth, Lokasi, dan Minat Berkunjung


Availability
MN2024009MN 2024 009Perpustakaan ITIAvailable
MN2024009-CDMN 2024 009Perpustakaan ITIAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MN 2024 009
Publisher MANAJEMEN : Tangerang Selatan.,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this



Perpustakaan

Institut Teknologi Indonesia

   Jl. Raya Puspiptek Serpong, Kota Tangerang Selatan 15320



V I S I

Menjadi Pusat Informasi Terdepan


M I S I

1.) Menyediakan Layanan Prima Yang Berorientasi Kepada Pemustaka;

2.) Menjadi Pusat Akses Informasi Seluruh Civitas Akademika Institut Teknologi Indonesia;

3.) Menjadi Unit Yang Profesional Dalam Penyedia Informasi Di Lingkungan Akademis.